Alam Pacitan #2: Gua Gong












Alam Pacitan bener-bener "hidden nature" banget deh pokoknya. Setelah di Alam Pacitan #1 gue tulis keindahan pantai klayar, edisi Alam Pacitan #2 kali ini gue tulis keindahan alam pacitan yang laen, yaitu tentang Goa #udah tau dari judul. 

kesan pertama datang di pacitan adalah, "apa yang bisa diandalkan dari alam gersang dan tandus kayak gini?" ternyata pertanyaan dalam benak gue itu SALAH (baca: salah besar). Ternyata deretan bukit batu kapur itu menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa, banyak gua-gua yang tersebunyi di perut bukit kapur pacitan, salah satunya gua terindah adalah Gua GONG.

Terletak di desa Punung, Donorejo, Pacitan. Perjalanan gue tempuh kurang lebih 1.5 jam dari jantung kota Pacintan dengan motor matik sewaan. Untuk masuk ke Gua Gong gue harus merogoh kocek Rp. 5000. menurut gue bayar Rp 5000 untuk masuk ke goa sedikit mahal, tapi itu gue rasain saat gue masih diluar saat gue belum ngeliat rupa dari perut bumi yang indah yang di sebut dengan Gua Gong.
Pintu Masuk Gua Gong (Gong Cave)

Gua ini memang sudah gak natural lagi sudah banyak perombakan di sana-sini, tapi loe gak usah kawatir sentuhan yang gue maksud adalah pembangunan track untuk menjelajahi perut bumi termasuk pemasangan lampu dimana-mana untuk menambah efek cantik dari stalak tit dan stalak mit yang menjadikan perut bumi ini makin cantek.











Saat loe ada di mulut goa, loe akan nemuin banyak penduduk lokal yang menjajakan (baca: sewa) senter bagi pengunjung yang matanya udah ga bagus lagi, Peace!. Tapi santai aja, bagi loe yang gak mau repot nenteng senter ke sana kemari loe gak usah khawatir, karna penyinaran di dalam goa udah lumayan terang, dan gak usah takut loe bakalan kepanasan di dalam karna udah dipasang beberapa kipas angin yang lumayan gede.
Untuk menjelajahi keindahan perut bumu yang satu ini dibutuhkan kurang lebih 30-40 menit udah termasuk poto-poto, dengan kedalaman kira-kira 256 meter. 

Tips:
Bagi loe pada yang mau menikmati keindahan alam pacitan sebaiknya atur waktu dengan baek, buat jadwal perjalanan yang efisien. Gua Tabuhan, Gua Gong dan Pantai klayar melewati rute yang sama. jadi kalo loe ingin pergi mengunjungi tiga tempat ini dalam sehari sebaiknya loe berangkat pagi-pagi, tapi gue gak tau secara pasti jam berapa buka operasional Gua-gua tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar