Alam Pacitan #1: Pantai Klayar












Kota pacitan sangat terkenal dengan deretan-derata goa yang ganteng-ganteng  #pendekar Si Buta dari Gua Hantu asalnya juga dari Pacitan, kali aje!... Tapi banyak yang ga tau selain tu goa-goa, pacitan juga punya garis pantai yang cantek-cantek yang ga kalah cantek kalo dibandingin ama pantai-pantai pantai yang laen. Salah satu pantai yang paling cantek di pacitan adalah pantai Klayar.

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, kurang lebih 35 kilometer dari kota pacitan. perjalanan dari kota pacitan ke bibir pantai klayar ditempuh kurang lebih 90 menit (kalo ga nyasar, kalo nyasar bisa seharian, hehehe). Dari perjalanannya ajah udah kerasa seru, ni tempat bener-bener susah dijangkau, pokoknya sesuatu banget deh...hohohohoho. udah jalanan sempit, naek turun bukit, dan yang pasti ga becek dan gak ada ojek #hehehe.....

perjalanan gue tempuh kurang lebih 1.5 jam dengan motor matic sewaan. ada dua pertimbangan kenapa gue pilih pake motor, pertama gue berangkat dengan seorang temen gue, kalo nyewa mobil sayang banget banyak yang kosong (baca: ngirit). Kedua jalan menunju pantai klayar sangat sempit dan naek turun bukit jadi harus ekstra hati-hati, apalagi kalo ada mobil lain harus sabar. menuju klayar dengan motor seru banget berasa touring aja, berasa dapet bonus!!!! selaen pantai yang bagus selama perjalan pergi-pulang mata di sugui pemandangan batu kapur  yang keren bangedz.


Benar saja setelah gue nyampe di bukit terakhir, terlihat sesuatu yang menyilaukan mata,,,pasir putih bersih yang agak berbeda dengan pasir pantai yang pernah gue lihat sebelumnya dan deburan ombak dengan suaranya yang keras bener-bener mengganggu mata dan telinga gue. Gue udah gak sabar dan pengen cepet pergi dari atas bukit menuju bibir pantai (loe gak usah susah-susah ngebayangin gimana penampakan pantai klayar, lihat aja gambar di atas), sungguh bener-bener keindahan alam yang tersembunyi, bener-bener pantai yang indah.


Sedikit jauh jalan keujung gue lihat ada barisan terbing dengan karang dibawahnya yang tertata apik, berasa di pantai yang ada di pilem-pilem, dan gue ngerasa bukan lagi di indonesia, entah dimana!! yang gue tau gue cuma pengen nikamti keindahan pantai klayar.

Narsis dulu Ahhh........
Yang agak sedikit mengecewakan dari pantai ini adalah gue gak bisa mandi di semua garis pantai klayar, karna banyak karang-karang di sana, tapi ada satu tempat yang gue bisa nyebur tapi gak bisa berenang karna ombaknya yang ganas seganas hulk di pilem avengers. 

Gak bisa berenang, NARSIS lagi Ah...

Tapi gak masalah bagi gue gak bisa berenang, kali aja gue lagi gak beruntung karna airnya lagi surut dan anginnya kenceng banget alhasil ombaknya serem banget. Gak ada kata kecewa menginjakkan kaki di pantai klayar, pasir putihnya yang lembut, pemandangannya yang indah banget bener-bener melepas kepenatan setelah seminggu penuh nganggur di rumah. ada satu lagi yang bikin gue takjub akan keindahan pantai klayar, gradasi pasirnya yang unik dari perpaduan hitam dan putih keren banget pokoknya deh. Gak pernah gue nemuin pasir pantai dengan kombinasi dua warna contrast.  



Pacitan dibalik deretan batu kapur mu yang keras tersembunyi keindahan alam yang benar-benar indah,  gua-gua yang indah. Ganasnya laut selatan-mu di bingkai dengan barisan pantai-pantai yang indah

narsis dari atas bukit
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar