Karimun Jawa #1: Mainland

Pasti loe semua udah pernah dengar nama Karimun Jawa, tapi gak semua dari loe pernah dateng ke tempat yang menakjubkan ini atau bahkan ada beberapa dari loe yang bertanya-tanya "apa itu karimun jawa?". Gue bukan orang asli karimun jawa tapi yang jelas karimun jawa tuh tempat yang paling pas untuk loe kunjungi bagi loe pada yang suka wisata bahari and water activities, Karimun Jawa juga terkenal dengan keindahan taman bawah lautnyaBanyak hal yang bisa loe lakuin disana, yang pasti yang gak boleh loe lewatin adalah snorkeling, kalo loe mau yang lebih seru loe bisa diving tapi yang ini jauh lebih mahal dari snorkeling.

Langsung aja deh, semua petualangan pengunjung Karimun Jawa di mulai dari Terminal Jepara dan termasuk gue. Setelah Terminal Jepara, check point selanjutnya adalah pelabuhan Kartini yang 'pintu masuk' untuk menuju kepulauan Karimun Jawa. Ada dua pendapat cara untuk menuju pelabuhan kartini, jalan kaki atau naek pedicab becak, dan cara yang gue ambil adalah jalan kaki.
Ada dua alasan kenapa gue pilih jalan kaki, pertama: jarak antara terminal jepara ke pelabuhan kartini kurang lebih 1 Km atau sekitar 15-20 menit dengan jalan kaki, alasan kedua: karna kondisi masih pagi dan temen-temen gue biasa jalan kaki, maka gue anggep olah raga dan melihat keadaan kampung di jepara.


Gue nyampe di Terminal Jepara jam 4.00 subuh, sedangkan speed boat yang gue pake untuk menyebrang ke Kepualauan Karimun jawa berangkat jam 9.00 pagi, jadi gue ama temen-temen gue masih ada waktu untuk santai santai dan sarapan pagi, dan itu juga jadi salah satu alasan gue kenapa gue pilih jalan kaki ke pelabuhan kartini. Setelah beberapa jam nunggu di Pelabuhan Kartini akhirnya Speed Boat gue berangkat menuju kepulauan Karimun Jawa. Ada dua jenis ferry yang bisa loe gunakan untuk nyebrang ke Kepulauan Karimun dengan kecepatan dan harga yang beda tentunya, speed boat yang gue pake harganya Rp 90.000 dengan waktu tempuh    kurang lebih 2 jam, ada juga ferry yang biasa harganay Rp 30.000 dengan waktu tempuh kurang lebih 7 jam. 
Dan selama 2 jam perjalanan menggunakan speed boat tentunya gue gak lupa buat narsis dan foto-foto di atas dek kapal. Di atas dek kapal ada tempat terbuka yang bisa loe buat liat pemandangan indah laut lepas dan bisa buat loe narsis.


narsis di atas deck kapal
Setelah 2 jam perjalanan laut akhirnya gue nyampe di kepulauan Karimun Jawa, dan begitu keluar kapal mata gue terbelalak kagum, rasa capek perjalanan kurang lebih selama 9 jam seakan-akan hilang saat gue ngeliat warna aer laut yang bening dan biru, dari atas kapal gue bisa liat dasar laut

welcome Karimun Jawa
Kira-kira jam 11 siang tiba di pulau utama Karimun Jawa, #langsung nyebur laut dan snorkeling? #menyusuri kampung Karimun Jawa? ya enggak lah...gue laper, gue makan dulu, baru deh lanjut.. #jalan-jalan? ya enggak, berhubung gue kekenyangan mata gue ngantuk, langsung tidur deh di home stay. 

Kira-kira jam 3 baru bangun tidur, badan udah seger nih.... #jadi mulai jalan-jalannya? ya enggak lah kesorean.... #lah terus kapan snorkelingnya?? lah kan gue gak cerita bakalan snorkeling....napsu amat pengen snorkeling...karna udah sore ya gue berburu sunset dulu di deket alun-alun #lah kok berburu sunset deket alun-alun sih? lah kan emang alun-alunnya di pinggir pantai.....


Gambar sunset di karimun jawa (pake kamera pocket nih)
#Terus mana foto-foto snorkelingnya???? hehehehe.....gak di sini, entar gue ceritain lagi di seri Karimun Jawa Selanjutnya.....

2 komentar:

  1. keren banget sunset nyaa XD
    btw, bole tanya2 ni? saya jg pengen backpackin ke karimunjawa dgn kanca2 :D
    beli tiket speedboat nya bisa lsg disana? atau pesen dulu?
    terus homestay nya jg nyari n booking dulu y?

    kira2 kapan ya timing yg pas buat kesana? yg pas ga terlalu rame gtu..
    thx :D

    BalasHapus
  2. klo tiket speed boat bisa langsung dibeli disana, home stay juga bisa go show, tapi kalo go show resikonya bakalan ga kebagian.
    untuk lebih aman bisa tanya-tanya ke tour package karimun jawa termasuk waktu yang pas buat ke karimun jawa, sekarang cuaca unpredictable banget. kalo angin kenceng dan ombak besar kapal ga boleh berlayar.

    BalasHapus