Tips Transportasi Murah dari/ke Hongkong Airport




Setelah gue share tentang transportasi gratis di Singapore, kali ini gue bakalan share tips murah transportasi di Hongkong. Tulisan gue kali ini juga berdasarkan pengalaman gue selama seminggu di Hongkong, jadi gue sedikit banyak tau tentang transportasi di Hongkong. 
Loe pada mungkin udah tau kalo transportasi dari atau ke Bandara International agak mahal, memang terdapat beberapa alternatif moda transportasi yang loe bisa pake saat loe akan menuju Hongkong Island dari Bandara atau sebaliknya. Beberapa transportasi yang loe bisa pake diantaranya adalah, MRT Airport Express, Bus, dan Taxi. Butuh beberapa hari buat gue sebelum berangkat ke Hongkong untuk mencari informasi mengenai transportasi yang murah (dan pasti semua transportasi di Hongkong aman dan nyaman).
Sesama Gembel Backpacker, gue gak akan malu kalo gue selalu mencari sesuatu yang paling murah dan akan sangat menyenangkan kalo dapet yang GRATISAN, tapi sayang perjalanan gue ke Hongkong kali ini gak bisa menikmati yang GRATISAN. Tapi gue gak kecewa karna biaya hidup di Hongkong jauh lebih murah di bandingkan di KL atau Singapore.

Ini daptar Bus yang loe bisa pake dari Airport menuju Hongkong Island atau Hostel loe masing-masing:
Gue ambil Ilustrasi dari Hongkong Airport (terminal 1) ke Central Station, alternatif yang bisa gue ambil adalah dengan menggunakan: 

  1. Airport Express: Perjalanan ditempuh kira-kira 32 menit dengan harga Orang dewasa $HKD 100, anak-anak $HKD 50.
  2. Rute: Aiport - Central Station
  3. City Bus: No. Rute A11, orang dewasa $HKD 40, anak-anak $HKD 20, nenek-nenek/kakek-kakek $HKD 20. 

Alternatif diatas bagi gue masih mahal, gue bisa menghemat hampir 50 % dari alternatif ke 2, tapi sabar dulu akan gue kasih tahu pelan-pelan. Begini tips hemat dari gue:
Dari Airport terminal Passanger ada Circular bus (ada juga yang menyebutnya dengan istilah Shuttle Bus) dengan rute Tung Chung - Asia World Expo (via Terminal 1). Nah yang ini lebih murah harganya cuma $HKD 3.5, 

S1Tung Chung Station (via Terminal 1) to AsiaWorld-Expo *05:30 - 24:003.5Citybus / Long Win*Circular

Eh ini kan jauh dari Central station??? emang mau jalan kaki ke sana???!!!! 
weits....santai bos....masih ada transportasi lagi untuk menuju Central Station. nah dari Tung Chung Station kita naek MRT ke Central Station, gue cukup bayar $HKD 19.8

Nah....sekarang loe udah tau kan gimana cara gue mensiasati transportasi dari Hongkong Airport ke Central Station di Hongkong Island. Dengan cara ini loe cuma bayar $HKD 23.5, hampir 50% dari alternatif ke 2 dan waktu tempuh gak beda jauh ama kalo kita naek Airport Express. 
Dari Tung Chung Station Loe bisa berhenti di mana aja gak mesti di Central Station, seperti yang gue lakuin Gue Berhenti di Tsim Tsa Tsui Station, karna gue pilih hostel di deket Avanue of Star, di sini bisa di bilang Icon dari Hongkong.
Bagi gue yang baru pertama kali ke Hongkong Naek MRT sangat membantu menuju Hostel yang udah gue pesen, karna di satu wilayah cuma ada satu MRT Station dengan banyak pintu keluar. sedangkan kalo naek bus gue harus pastiin gue berhenti di Halte yang paling deket dengan hostel, kalo enggak gue bakalan kesasar.


17 komentar:

  1. bro gembel... mau nanya tuh software buat cari rute bis di hk yg paling akurat pake apa ya?

    BalasHapus
  2. ada banyak operator bus di hongkong, salah satunya CityBus. gambar diatas aku ambil dari official website Citybys http://www.nwstbus.com.hk/routes/index.aspx

    Bus yang aku pake selama di Hongkong ya Citybus, selain hampir semua armadanya Doubledeck juga ada free WIFI. kalo yang lain kurang tau

    BalasHapus
  3. Bro mo nanya, klo dr central ke air port, pakai mekanisme yg sama? Naik MTR ke tung xhung, terus nyambung pakai circular bis tadi buat ke air portnya?

    BalasHapus
  4. bukannya dari Tung Chung jalur MRT nya gak ada yang langsung Tsim Sha Shui ya? exitnya di Kowloon Station ya?

    BalasHapus
  5. Bro Yuda: sama, cara ini bisa dipake dari mana aja, kalo beda line, tinggal pindah line yang menuju ke tung Chung.

    Sis Lisa: ada kok, justru station-nya itu di Tsim Sha Tsui, kalo mau ke Kowloon Park tinggal cari Exit gate yang sesuai aja. saya nginep di mirador mansion, persis di seberang Tsim Sha Tsui Station. karena di sana ada Masjid juga

    BalasHapus
  6. broo,gw juga pake cara lo lebih hemat emang...tp pulangnya gw naek airport express buat ngejar flight pulang secara HKIA gede bgt...

    BalasHapus
  7. Helepp dong guys.. klo dari airport gw mau ke shenzhen atau guangzhou naik soa ya? Otomatis dg cara gembel eh backpacker maksudnya..hihi thx y

    BalasHapus
  8. Helep om.. What about octopus card? Om pakek ga di HK? Thank you

    BalasHapus
  9. kalau dari hkia mau ke shenzen gmn.. soalny nyampe di hkia jam 8 malam

    BalasHapus
  10. kalau dari hkia mau ke shenzen gmn.. soalny nyampe di hkia jam 8 malam

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Bro dr tungchung st. Ke central lgs mana bisa...yang bisa ke hongkong st.

    BalasHapus
  13. Waahh asyik juga tw udah kasih tau tips transportasi ke hongkong, mudah2an bisa saya bisa nyusul, wkwkwk

    BalasHapus
  14. bro kalau arrived hk nya jam 10 malam, apa shuttle bus atau MTR masih ada?

    BalasHapus
  15. bro mau tanya, guw liat di MTR map kyanya dari tung chung kan ga ada ya yang langsung ke Tsim Sha Tsui? apa change Line dulu dari lai king??. mohon arahan nih newbie hhe...

    BalasHapus
  16. kalo dari bandara mau ke prince wales hospital pake apa baiknya Mrt/bus trus rute nya gimana...pliss bantu dong

    BalasHapus
  17. Brow.. maw tanya.. kalau gue maw ke asia word expo dari bandara sebaiknya naik apa ya?
    Trus dari asia word expo ke penginapan tsim sa sui bagusnya naik apa ya??
    Balas ya bro... Thx..

    BalasHapus