Karimun Jawa #2: Cemara Island












Ada Dua Pulau yang hampir pasti dan gak boleh nggak untuk loe kunjungi saat loe mengarungi kepulauan Karimun Jawa, dua pulau itu Cemara Besar dan Cemara Kecil. Secara geografis gue gak dapat membedakan tau mana yang pulau Cemara Besar dan mana yang Pulau Cemara Kecil karna saat gue masuk dan menjejakkan kaki di kedua pulau gak ada pintu gerbang atau papan yang menjelaskan nama pulau itu. Tapi yang pasti gue tau dan inget banget kedua pulau Cemara ini memiliki keindahan alam bawah laut yang menurut gue 'Wow' banget, indah!!!. 
Pulau yang gak berpenghuni ini memang jadi salah satu agenda tour kepulauan karimun jawa ditumbuhi pohon cemara yang lebat banget, mungkin itu sebabnya kedua pulau ini disebut pulau Cemara Besar dan Cemara Kecil. Dan Layaknya pulau-pulau lainnya kedua Pulau cemara ini juga terdapat pohon kelapa.
Untuk dapat sampe di pulau ini diperlukan jarak tempuh kurang lebih 30-40 menit, karena lokasinya yang lumayan jauh dari kepulauan utama karimun jawa. Faktor lain yang menentukan jarak tempuh adalah perahu yang gue pake untuk tour laut, perahu yang gue pake mengaplikasikan satu mesin tapi ada beberapa perahu laen yang menggunakan dua mesin diesel makanya lebih cepet nyampek. 
Setelah beberapa menit mengarungi laut akhirnya terlihat pulau besar, gue pikir gue dan rombongan gue bakalan sandar di pulau ini dan berenang di pinggir pantai, tapi 'captain' kapal gak mengarahkan kapal menuju ke pulau tersebut tapi melaju kencang ke pulau yang lebih jauh. Karena penasaran akhirnya gue tanya, dan si 'captain' bilang "kita snorkeling di pulau itu dulu mas, terus lanjut barbeque di situ untuk makan siang", oh baru tahu gue kalo pulau yang lebih jauh memang jadi tempat peristirahatan setelah snorkeling. 
Sampai di spot snorkeling yang pertama, udah pengen keburu nyebur tergoda keindahan trumbu karang besar yang terlihat jelas dari atas perahu karna saking jernihnya air. Tak terlihat ikan bersliweran di spot snorkeling kali ini. Pantes saja, setelah gue protes ke tour guide gue karna gak liat ikan sama sekali, tour guide gue bilang "yang banyak ikan di spot snorkeling yang kedua, kalo beruntung di sana juga bakalan liat nemo (clown fish).
Ya sudahlah gue nikmatin keindahan bawah laut di spot snorkeling yang pertama ini. Setelah nyebur duluan (yang laen masih sibuk dengan 'ritual' snorkel kit-nya, gue langsung nyebur ala 'bolang' alias tanpa snorkel kit) gue liat keindahan taman bawah laut yang indah banget.

Foto Underwater

Sesaat setelah gue menjejakkan kaki, memang banyak orang yang lagi istirahat sambil nunggu ikan bakar untuk makan siang mereka.

BreakLunch after snorekeling

Gue gak mau kehilangan moment, yang laen pada kelaperan dan jaim, eh rombongan gue malah keasikan poto-poto...gak peduli apa kata orang. 




Setelah istirahat makan siang, dengan ikan bakar dan degan yang super seger perjalanan lanjut ke spot snorkeling yang kedua, dan ini yang gue tunggu-tunggu buat ngeliat new yang lagi renang di trumbu karang. Agar bisa menikmati snorkeling dengan leluasa gue dan rombongan gue berangkat lebih dulu, disaat rombongan laen pada asyik makan dan poto-poto. 
Setelah sampai di spot snorkeling yang kedua, hasrat buwat nyebut langsung meledak, tanpa pasang snorkel kit gue langsung nyebur. Lihat kejernihan air dan ikan kecil yang mendekati kapal rombongan gue, langsung aja gue nyebur. Ikan di sini kayaknya sudah terbiasa dengan kedatangan manusia-manusia yang berbikini, pantes aja mereka gak kabur,,,,ikan aja betah renang apa lagi gue, he he he...
beruntung gue dapet captain yang udah kenal banget dengan keadaan di sini, biar makin banyak ikan yang dateng sang captain langsung melempar segenggam nasi ke dalam air, dan langsung ikan secara tiba-tiba menyambar nasi yang di lempar tadi, layaknya ikan piranha yang kelaparan.


 

Keindahan Spot Snorkeling Cemaran Island
Sungguh pemandangan yang indah banget di sini...karimun jawa memang Te Ow Pe Be Ge Te deh!!!!!

5 komentar:

  1. bukan non, saya cuma sharing cerita dan pengalaman saya.

    BalasHapus
  2. Wow.. manteppp... Thanks ya sharenya... jadi pengen ksni nih liburan lebaran ntar.. hehe
    Ohya, info travelling lengkap bisa diliat disini ya >> http://goo.gl/Ly8G2i

    BalasHapus
  3. Heyy guys, Ini jadwal open trip bulan Oktober :

    15-16 2D1N via feri siginjai mulai 470.000/orang
    15-17 3D2N via express bahari mulai 850.000/orang
    21-23 3D2N via feri siginjai mulai 650.000/orang
    21-23 3D2N via express bahari mulai 850.000/orang
    21-24 4D3N via express bahari mulai 950.000/orang
    28-29 2D1N via feri siginjai mulai 470.000/orang
    28-29 2D1N via express bahari mulai 700.000/orang
    28-30 3D2N via feri siginjai mulai 650.000/orang
    28-30 3D2N via express bahari mulai 850.000/orang
    28-31 4D3N via express bahari mulai 950.000/orang

    Untuk booking langsung hubungi contact person kami ya..!

    Start Pelabuhan Jepara
    *All in Packages
    *Best Service from proffesional guide
    *Best Photography underwater & upwater

    @Karimunjawa Open Trip
    Phone : 0291 - 4260109
    Call / Whatsapp : 082 234 463 000
    Pin BBM : 5D97A4D7
    Instagram : @karimunjawaopentrip
    Email : paketkarimunjawaopentrip@gmail.com
    Website : www.karimunjawaopentrip.com

    BalasHapus