Wisata Changi Airport












Sekarang banyak banget Airline yang Low Cost Carrier yang bisa bawa loe terbang ke mana aja loe mau (meskipun gak kapan aja) tapi loe harus  booking ticket jauh-jauh hari, bahkan ada promosi untuk boarding periode tertentu. sebenernya ada yang murah tapi loe bisa terbang kapan aja dan kemana aja loe suka, betul banget!! naek di atas punggung Superman! 

Sebenernya ada resiko besar yang harus loe tanggung kalo loe naek Low Cost Carrier Airlines, transit berjam-jam bahkan sampe belasan jam seperti yang gue alami. ketakutan sempat menghujam pikiran gue saat di ngeliat itinerary penerbangan gue ke hongkong dari surabaya tertulis "via Singapore, Stopover 12 hours" #mati gue. Yang gue takuitin akhirnya terjadi juga, gue bakalan tidur di emperan kayak orang di statiun atau terminal. tapi dengan pertimbangan uang yang pas-pasan akhirnya gue nekat juga "gua backpacker, gembel kelas atas, tidur dimanapun gak masalah yang penting bisa jalan-jalan" #sambil teriak-teriak depan rumah.


Gua terbang dari surabaya ke singapore, dan tibalah gue di Changi Airport. Sesaat setelah turun dari pesawat pertama yang gue pikirin adalah mencari tempat yang nyaman buat tidur selama 12 jam kedepan. dan ternyata setelah masuk di terminal 3, gue terdiam sejenak seperti menahan kentut di depan calon mertua. Gimana gak bengong, semua lantai dialasi karpet yang tebal, mungkin karpet masjid Agung Surabaya  kalah tebal ama karpet Changi Airport. di berbagai sudut terminal ada banyak buku panduan wisata Changi Airport #ini airport ato tempat wisata koq ada travel guide-nya segala. Banyak fasilitas yang ada di dalem airport, kursi pijitfree internet, couchStarbucks, 7 Eleven, cafe dan berjejer toko-toko bermerek berasa jalan-jalan di SOGO aja.

Liat kondisi terminal 3 yang sumpah gila bagus banget, gua mulai bingung dan mulai "JAIM Mode ON" biar nggak kayak orang desa baru pertama kali masuk Mall. Tips dari gue kalo loe baru dateng ke tempat baru yang belum pernah loe datengin jangan tolah-toleh tapi sebaliknya loe jalan pelan-pelan (pelan banget kayak siput) dan cukup lirik kanan dan kiri atau kalo loe emang ga puas dengan lirikan mata, loe berhenti sejenak dan puas-puasin dah lho plototin semua tempat. 

Berhubung gue cowok muslim yang sholeh, gue sempetin nyaru musholla #prayingRoom. Setelah 15 menit gak nongol-ngongol tuh musholla akhirnya gue putusin nanya ama petugas #sekalian nyoba kehebatan bahasa inggris gue. Setelah sholat dan muka gue udah ganteng, lanjutin jalan-jalan dan tujuan pertama adalah cari koneksi WiFi gratis buat update status, dan ternyata gue kuciwa karna nggak dapet sinyal WiFi. tapi itulah Changi Airport, tak ada sinyak wifi tapi di sediain Internet Corner #tapi sayang gak kursi, biar gak lama-lama makenya.

Internet Corner, Changi Airport
Sekali lagi gue bilang, loe gak usah gelisah kalo loe bakalan duduk lesehan, kalo loe capek berdiri di sebelah internet corner ada kursi yang nyaman banget yang pasti lebih nyaman dari kursi ruang tamu rumah gue #emang rumah gue gak ada sofa, hahaha. Bagi loe yang butuh recharge gadget loe, tersedia juga tempat buat nge-recharge. yang pasti nih airport enak banget jadi pilihan buat stopover. 


Kekhawatiran gue bakalan nunggu lama untuk flight berikutnya hilang sudah, baru keliling terminal 2 dan terminal 3 aja udah jam 12.00 am waktu singapore #gak terasa kan? menurut loe!! tapi kaki gue rasanya berat banget kayak narik gajah. beberapa toko ada yang udah tutup jam 11.00-12.00 malem tapi ada yang buka sampe pagi mungkin 24 jam. karna mata gue udah gak bisa di ajak kompromi, meskipun ada bule pake bikini yang nari depan gue mata gue tetep gak bisa melek. akhirnya gue putusin buat nyari Rest Area. Namanya rest area ya udah pasti tempat buat istirahat, tapi emang udah namanya fasilitas umum ya pasti rebutan siapa cepat dia dapat bahkan kalo perlu loe jorokin tuh bule-bule biar loe dapat tempat #resiko ditanggung sendiri.
Sebelum tidur mik cucu dulu
Loe bayangin sendiri gimana enaknya ni tempat udah pasti gak ada nyamuk, gak bakalan keringetan dan viewnya bagus banget, asal loe tau aja view di depan gue tuh tempat parkir pesawat, asyik gak tuh #norakdikit.  Setau gue gak ada tempat laen selain tempat ini yang bisa tiduran dengan view parkir pesawat Boeing dan Airbus, bagi loe yang obsess banget ama pesawat, loe harus duduk di sini. 

Besok-besok kalo gue nge-gembel ke Eropa, Jepang, Korea, atau ke Australia gue pastiin gue bakalan cari pesawat yang stopover lama di Changi Airport, karna masih banyak tempat menarik yang belum gue liat di airport ini #aslinya biar ngirit tiket pesawat. itulah enaknya jadi "gembel" dimana aja asal bisa tidur ternyata bisa tidur di Airport terbaik no 2 di dunia tahun 2011 menurut Skytrax World Airport Awards (entar gue ceritain dimana Aiport terbaik no 1 di dunia).

Pesen gue, apapun yang terjadi di tengah perjalan loe, nikmatin aja karna pasti bakalan ada sesuatu menarik yang bisa loe dapet di situ, karna bukan gak mungkin cerita menarik yang loe dapet bukan dari tujuan   travelling loe, tapi dari perjalanan loe menuju tempat tujuanHIDUP "GEMBEL" !!!!

2 komentar:

  1. mas nya.. kok gak dikasih tau arah2 nya gimana ke mushola, ke rest area, dll nya??

    BalasHapus
  2. Ealah mas, mas..lair nang pasar turi ae 'elo'-'gue' ... XD

    BalasHapus