Hal paling anti saat travelling! "Oleh-Oleh"












Sudah bukan rahasia lagi kalo setiap orang jalan-jalan 'harus' membawa oleh-oleh saat pulang ke rumah, bahkan ada sekelompok orang yang membawa koper kosong khusus oleh-oleh. Okelah kalo kelompok ini adalah kelompok berduit atau mungkin kelompok yang suka belanja barang-barang 'ga penting'. Tapi gue gak habis pikir kenapa  kelompok ini ngebela-belain bawa koper kosong khusus untuk oleh-oleh, sayang anak??? sayang keluarga??? atau ????? 
Gue gak paham ini sudah menjadi budaya di Indonesia atau hanya 'budaya' yang di buat di lingkungan pribadi saya, tapi setiap kali gue mau melakukan ritual nge-gembel selalu ada aja yang s'lalu minta di bawain oleh-oleh. Buat gue ini adalah hal yang paling anti gue lakukan, bukan berarti gue pelit atau ga punya uang tapi ada beberapa alasan gue gak mau bawain oleh-oleh untuk keluarga atau temen-temen gue.

Mungkin bagi beberapa diantara kalian alasan gue gak masuk akal, atau hanya alasan gue yang males bawa oleh-oleh, it's OK gue maklumi. Tapi bagi gue alasan ini sangat berpengaruh untuk 'ritual' nge-gembel gue. Ok, gue bakalan jelasin satu persatu alasan gue;

Limit Bagasi
mungkin ada diantara kalian yang kurang mengerti esensi dari sebuah backpacking (gue gak bermaksud untuk menggurui loe pada) tapi sekedar untuk mengingatkan esensi dari sebuah backpacking adalah jalan-jalan mandiri dengan budget/ongkos seadanya (minim). sebelum gue berangkat nge-gembel gue harus cermat tentang barang apa aja yang bakalan gue butuh (inget! bener-bener butuh) karna jatah bagasi untuk pesawat low cost ga lebih dari 10 Kg. Gue harus meras otak gimana caranya biar barang-barang yang gue perlu bisa gue masuk dalam backpack dan yang pasti ga lebih dari 10 Kg, atau gue harus bayar kelebihan bagasi dan itu MAHAL.
Anggep aja gue berangkat nge-gembel dengan backpack seberat 9 Kg, klo gue harus beli oleh-oleh maka kemungkinan berat backpack gue saat gue pulang akan lebih dari 10 kg, loe tau kan artinya??? gue harus bayar penalti kelebihan bagasi.

Gak Ada Waktu Buat Belanja
kalo pun jatah bagasi gue masih ada, gue tetep anti untuk bawa oleh-oleh, untuk dapat membawa oleh-oleh gue harus spare waktu untuk belanja oleh-oleh, dan itu yang ga gue suka. BELANJA!!! bukan berarti gue gak suka dateng ke tempat pusat oleh-oleh, itu akan gue lakukan kalo itu emang sebuah tempat/objek pariwisata dari sebuah kota/daerah. seperti saat gue nge-gembel ke Hongkong, gue dateng ke Ladies Market karna emang itu objek pariwisata selain tempat belanja. 
Tapi kalo untuk belanja, gue harus pilih barang yang bagus, dan murah. untuk mencari barang murah pastinya gue harus keliling-keliling dan kalo dapet gue harus tawar menawar biar gue dapet harga murah. belum lagi kalo ada yang minta oleh-oleh yang gue sendiri gak tau belinya dimana bisa-bisa waktu gue buat jalan-jalan habis hanya untuk mencari oleh-oleh. 
kalopun gue travelmate gue memilih untuk berbelanja, gue memilih untuk jalan sendiri karna di setiap itinerary gue gak ada jadwal buat belanja, tapi CUCI MATA kenapa enggak???!!!!

Gak Ada Uang Cadangan
mungkin beberapa diantara kalian pernah denger kata-kata "titip beliin @..%^..$. entar duitnya gue ganti pas loe pulang". kalo ada yang bilang kayak gitu ya gue iyain aja, masalah gue beliin apa enggak ya terserah gue donk, dan tergantung kondisi keuangan gue...kalo keuangan gue memungkinkan mungkin gue beliin....meskipun sebenarnya gue memilih buat ga beliin tu barang titipan. dari pada uangnya buat belanja mending gue pake buat yang lain ke tempat pariwisata yang berbayar misalnya. karna belum tentu gue bisa dateng lagi ke tempat itu, secara tegas gue miilh ga belanja dari pada gue harus melewatkan tempat pariwisata yang belum tentu gue bisa dateng lagi.


Jadi buat temen-temen gue yang gue cintai, sorry gue ga bisa bawain loe pada oleh-oleh...karna satu dan lain hal..... 


2 komentar:

  1. asik nih , si gembel pikiran nya sama kek gw...

    BalasHapus
  2. Et dah si abang hemat ap perhitungab y??😂😂Tp kn gk ad kenangan kl tnpa oleh2 atw gak gni, klo aq punya saran: qt tetep pergi hunting oleh2 tp gk usah ditarget beli ap. Seketemunya. Kontak tmn atw shbt yg ntip mo ikutan beli jg gk?kan asyik misal beli grosir hrga lbh murah yah gpp samaan asal temannya jauh jd gk kmbaran bnget bajunya

    BalasHapus