Terjerumus ke dunia "Gembel"














Mungkin ada beberapa dari loe yang selalu bertanya kenapa gue selalu nulis "Gembel" (baca: Backpacker), karena ada yang bilang kalo menjadi seorang Backpacker berarti menjadi "Gembel" kelas atas yang bisa jalan kemana aja, tentu harus pake uang gak murni nge-gembel.

Gak pernah kebayang kalo gue bakalan terjerumus ke dunia gembel kelas atas  dan bakalan ketagihan travelling kayak kelelawar yang harus kelayapan di malam hari. keterjerumusan gue berawal saat gue jadi pengacara (penggangguran banyak acara) dimana detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari #lanjutinsendiri gue abisin di rumah yang kegiatannya makan, tidur, nonton tv,  dan boker.

Ngerasa bosen dengan kegiatan tersebut akhirnya gue ganti jadwal boker gue dengan kegiatan internetan. Iseng-iseng cari tips travelling murah dan mandiri tanpa ada colekan (baca: campur tangan) travel agent ato sebangsanya akhirnya gue ketemu sebuah blog yang keceh banget backpackerindonesia.com. Orang pinter minum tolak petir pasti udah tau kalo blog khusus komunitas backpacker, jadi gue anggap loe udah pinter semua. Blog ini banyak coretan-coretan (baca: posting) orang-orang usil yang maunya travelling secara mandiri  semuanya dikerjakan sendiri dari cari informasi mengenai tempat tujuan, transportasi, rute perjalanan (istilah kecehnya itinerary) sampe budget yang diperlukan. tips paling menarik bagi manusia kere kayak gue ya tentang budget, dengan budget seadanya (hasil markup uang kanan-kiri dan uang kuliah) tapi bisa jalan-jalan kemana ajah. yang lebih keceh lagi gue bisa cari temen jalan! asyik gak tuh, kalo beruntung bakalan ada temen lain yang mau gabung bareng gue.

Setelah  baca-baca beberapa posting temen-temen akhirnya gue ketemu website yang lebih keceh lagi, yang ini levelnya udah bukan indonesia lagi bro, tapi seluruh dunia! lho bongkar aja google cari info mengenai CouchSurfing.
CouchSurfing

secara metematika sama seperti backpackerIndonesia.com tapi yang lebih keceh lagi gue bisa minta ke komunitas tujuan gue untuk nampung "gembel" dari indonesia (baca: gue). Yang paling keceh lagi, selain dapet temen jalan (istilah kerennya CouchSurfer) buat explore tujuan gue, gue bisa saling tuker pengalaman, budaya, dan semua yang menarik yang kita tau kepada sesama CouchSurfer. inilah dunia gembel gue, ini yang buat gue terjebak dalam dunia "Gembel", setiap gue baca tentang kisah travelling atau backpacker gue selalu kangen dan ingin segera nyiapin backpack gue dan ngisi dengan keperluan gue.

Yang lebih menyiksa gue, kenapa ortu gue harus beli rumah deket bandara international juanda dan terminal bus Bungurasih #kenapa Tuhan meciptakan Bandara dan Terminal dan kenapa harus deket rumah gue. Setiap ada pesawat yang mau landing gue ngerasa pesawat itu ngomong ke gue "Gue dateng buat jemput loe" dan itu rasanya sakiiiii.........iiiiiiiiiiiiit banget #L3B4Y, hahahahaha...

Bertemu dengan orang-orang baru, pengalaman baru yang buat gue seneng dan kangen untuk travelling ala backpacker. dan bertemu backpacker yang "extreme" lebih membuat gue segan dan degdegan dari pada kalo gue ketemu kapolda.

Sampe sekarang gue ngerasa bersukur banget bisa terjerumus di dunia "gembel", sekedar loe tahu aja waktu gue nge-gembel pertama kali ke singapore gue bisa masuk ke Marina Bay Sands dan menikmati suasana Sky Park  #gue ceritain entar gimana suasana Marina Bay Sands. sedangkan temen gue yang udah ke singapore 3 kali cuma bisa ngeliat Marina Bay Sands dari luar bahkan ada temen gue yang tinggal di Singapore selama 3 bulan gak pernah masuk di loby marina bay sand. gue bisa masuk ke MBS karena gue ada temen gembel dari Canada yang mau ngater gue dan 5 "gembel" lainnya. mungkin ini yang orang maksud  backpacker adalah gembel kelas atas, loe pikir aja kalo bukan gembel kelas atas yang keceh abis mana bisa masuk Marina Bay Sands dan nikmatin suasana malam di Sky Park #Sombongdikit :)

2 komentar: