BIG BUDHA (Ngong Ping 360)

Cerita kali ini masig sekitaran Hongkong, tepatnya di sebuah pulau nan hijau dan asri yang sering di sebut Ngong Ping 360 (selanjutnya saya sebut NP 360). Kalo nama asli dari pulau itu saya kurang tahu, lokasi NP 360 sebenernya deket banget ama bandara internasional hongkong. Rutenya, naek shuttle bus dari Bandara  ke Tung Chung Station tiketnya kurang lebih 1.5 Dollar Hongkong dengan waktu tempuh kira-kira 15-20 menit. Tenang aja, Bus di Hongkong gak pernah nge-temp lebih dari 3 menit kok, kalo semua penumpang udah naik bus langsung berangkat jadi jadwal bus pasti tepat waktu. Jangan khawatir kesasar, yang penting pastikan nomor Bus sudah benar dan tunggu di halte yang benar.
Ya....harus di halte yang benar, karena bus di Hongkong sangat disiplin. kalo anda tidak menunggu di halte yang sesuai dengan nomor bus, jangan harap bus akan berhenti meskipun anda sudah menunggu ber-jam-jam lamanya.
Dari Tung Chung baru kita bisa ke NP 360, untuk menuju NP 360 kita bisa menggunakan Cable Car ato Bus. Tapi untuk yang takut ketinggian saya sarankan untuk naek bus, meskipun naek cable car sangat aman tapi apapun alasannya kalo anda takut ketinggian lebih baek naek bus aja. Ada yang menarik saat saya
menuju NP 360 cable car, ada Greetings dari berbagai negara yang di tulis di setiap anak tangga, benar-benar konsep yang unik.  Tarif Cable Car juga bermacam-macam, Dewasa, Anak-anak dan Lansia. Tipe tripnya juga ada Single trip, atau Return untuk lebih jelasnya bisa di cek di sini Ngong Ping 36. Berhubung saya cuma mau Sightseeing jadi saya beli return (tiket hanya berlaku sekali jalan di hari yang sama).
Bagi anda yang punya stopover di Hongkong beberapa jam, Ngong Ping 360 bisa jadi salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu. Perjalanan dari Tung Chung ke NP 360 menggunakan cable car ditempuh dalam waktu kurang lebih 25 menit. kalo lagi peak season akan sangat ramai pengunjung, tapi jangan khawatir interval waktu antara cable car satu dengan lainnya kurang dari 1 menit, mungkin cuma berjarak 50-100 meter dan atu Cable Car bisa di isi 4-6 orang. bagi saya naek cable car punya sensasi tersendiri, di samping ini pengalaman pertama naek cable car.
Sesampainya di NP 360 saya di sugukan pemandangan hijau sejauh mata memandang dari atas bukit. Selama perjalanan menuju Big Budha saya melewati sebuah tempat yang didesain menyerupai kota tua, jadi saat saya melewati tempat itu saya seakan-akan berada di kota china puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu. mulai dari desain bangunan, sampai tata penataan taman di desain sangat indah. 
Melihat pintu gerbang (sebelah kanan) ini, saya teringat film Kera Sakti, persis banget seperti pintu kayangan yang sering di lewati sun gokong saat akan mengcaukan kerajaan langit. 
Untuk bisa mencapai patung Big Budha saya harus menaiki anak tangga sebanyak 240 anak tangga. cukup melelahkan memang, tapi setelah sampai di atas rasanya malas untuk turun karena pemandangan dari atas lebih bagus.  Patung Big Budha ini merupakan patung budha terbesar di Dunia dimana tingginya mencapai 34 meter (112 kaki) dan beratnya sekitar 250 ton, entah gimana caranya menganggkut patung buda sebesar dan seberat (patung ini terbuat dari perunggu murni) itu ke atas bukit.
Patung Budha yang duduk di atas bunga teratai ini di kelilingi enam patung kecil (yang juga terbuat dari perunggu) yang di sebut dengann "The Offering of the Six Devas". Masing-masing dari ke enam budha itu menawarkan hal yang berbeda-beda diantaranya: music, bunga, dupa, lampu, buah dan musik. dimana arti dari masing-masing persembahan itu melambangkan amal, moralitas, kesabaran, semangat, meditasi, dan kebijaksanaan yang semuanya itu diperlukan untuk bisa masuk ke kayangan.
Berada di puncak saya disuguhi pemandangan yang luar biasa, hijau dan laut sejauh mata memandang. banyak pelajaran dan sekaligus pertanyaan yang muncul saat saya melakukan perjalanan. Berbagai pertanyaan timbul tentang pariwisata Indonesia, bagaimana cara meningkatkan kepedulian akan pariwisata sehingga pariwisata indonesia menjadi salah alternatif untuk menghabiskan liburan, termasuk dukungan infrastruktur.
Seperti Ngong Ping 360 ini misalnya, kalaupun tidak ada patung Big Budha, dengan menaiki Cable Car saja sudah menjadi wahana tersendiri, dengan pemandangan hijau yang sekaligus memacu adrenalin pengunjung dengan berada di atas ketinggian.
Pemandangan dari atas patung Big Budha memang indah banget, udara segar, bersih dan yang pasti hijau banget.

3 komentar:

  1. thz for sharing this article..

    bisa jadi referensiii....

    BalasHapus
  2. Thank you, it' svery nice dan usefull information Bro

    BalasHapus
  3. you're welcome guys.....enjoy your trip

    BalasHapus