Tips SI GEMBEL saat akan pergi ke negeri orang













Banyak persiapan yang harus loe lakuin sebelum nge-gembel, terutama saat loe nekat jadi solo gembel atau istilah kerennya solo backpacker. Loe harus cari tau apa yang bakal loe butuhin saat nge-gembel, jangan sampe loe baru inget ada yang ketinggalan saat loe ada di tempat tujuan. 
Tips ala gembel kali ini tentang yang harus loe lakuin saat berada di negeri orang. Setelah sebelumnya gue tulis apa yang harus loe bawa saat akan jadi gembel di "what to pack", sekarang akan gue sharing apa yang wajib loe lakuin untuk melancarkan ritual gembel loe di negeri orang. 
Ok, intinya ini tips tentang akomodasi saat loe jadi gembel di negeri orang termasuk transportasi, tempat menginap, makan, tempat tujuan termasuk tempat belanja. nah, gue mulai dari sebelum kita berangkat.

Penginapan.
Masalah ini penting banget nih, agar saat loe sampai di tempat tujuan loe gak clingak-clinguk kayak orang ilang gak tau harus kemana. kalo loe udah tau kemana dan dimana loe akan nginap loe akan menghemat waktu, loe gak perlu keliling-keliling buat cari penginapan. iya kalo loe tau dimanan daerah yang penginapannya murah, kalo gak? dosa loe tanggung sendiri dah...
buat gue kenapa penginapan jadi penting, bikos saat gue sampe di tempat tujuan gue bisa langsung dateng ke penginapan yang gue udah pilih dan langsung naruh backpack yang beratnya udah kayak bawa monitor 17" dua biji.
sekedar referensi aja nih, biasanya gue cari penginapan murah dari hostel world. di sini loe bisa cari hostel mulai dari yang paling murah, sampe yang paling keceh orang madura bilang cozy.

Tips:

  • kalo loe pengen dapet harga yang murah abis loe harus reservasi dulu. kalo ga, jangan kaget saat loe dapet harga lebih mahal dari website.  
  • ada beberapa hostel/dorm yang ngasih kunci dengan jaminan passport loe (biasanya yang nerapin jam malam, jam 22.00 pintu udah di kunci), makanya di postingan gue sebelumnya (what to pack) gue saranin bawa fotocopy passport yang banyak. saat passport asli loe di sita loe ada pegangan copy-nya. ini gue alamin saat gue di singapur, sementara saat gue ke hongkong gak ada ritual kayak gini. apalagi saat gue di kuala lumpur gue bisa chek-in dan check-out kapan aja tanpa ada jaminan #tidurDiMesjid

Transportasi.
Nah yang ini juga gak kalah penting nih,,, saat loe udah nyampe di negara tujuan dan loe ga tau harus naek apa untuk ke tourism object disana...wah gawat! #matiKutu #matiGaya makanya sebelum loe berangkat loe harus cari informasi mengenai transportasi kayak Bus, MRT/LRT atau yang laen yang penting loe bisa nyampe di tempat yang loe mau kunjungi. terutama bus, loe harus tau nomer bus yang harus loe naek biar gak salah jurusan.

Tips:

  • untuk MRT loe bisa beli tiket/token di setiap stasiun, dan pastiin saat loe naek MRT/LRT loe milih jalur yang bener, biasanya dibedain dengan warna (kuning, hijau, merah dan ungu)
  • kalo loe di hongkong informasi bus bisa loe dapat di sini
  • jangan lupa saat di airport ambil map yang banyak buat referensi tujuan wisata loe.
  • atau loe bisa tanya om gue dan download pdf-nya pastikan simpen di gadget biar bisa loe liat saat loe butuh.

Makanan
Yang ini yang paling utama, dan ini adalah salah satu masalah gue saat gue jadi "gembel" di negeri orang. gue harus ekstra hati-hati buat pilih makanan. karna gue seorang muslim yang taat beragama jadi gue gak bakal makan sembarangan meskipun gue ditraktir travel mate gue. apalagi saat loe akan jalan-jalan ke hongkong susah-susah gampang buat dapetin makanan halal disana.

Tips:

  • Jangan tergiur ama harga murah, pastikan tu restoran memasang sticker HALAL
  • Loe bisa makan di restoran india, mayoritas restoran india menyediakan makanan HALAL
  • Loe bisa beli makanan vegetarian, masalah harga loe tanggung sendiri #Mahal
  • Atau loe bisa tanya om gue makanan indonesia atau makanan halal di setiap negara catat alamatnya dan pastikan simpen di gadget biar bisa loe liat saat loe butuh.
Nah sekarang loe udah ada bayangan apa yang harus loe persiapin saat loe akan nge-gembel di negara orang, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar